Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023: Imbang, Menang atau Pulang Angkat Koper

- 24 Januari 2024, 12:36 WIB
Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar pada Selasa, 23 Januari 2024. ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym.
Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar pada Selasa, 23 Januari 2024. ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym. /

GOWAPOS - Untuk lolos ke babak selanjutnya 16 besar Piala Asia 2023, Indonesia harus berjuang keras untuk melewati hadangan raksasa Asia Jepang dalam lanjutan penyisihan Grup D.

Dalam dua laga sebelumnya, saag menghadapi Irak, anak asuhan coach Shin Tae-yong harus menyerah dengan skor 1-3. Sedangkan melawan sesama wakil Asia Tenggara, Vietnam, skuad Garuda Muda bisa memetik 3 poin.

Dengan nilai 3 tersebut, Indonesia belum memastikan apakah bisa lolos ke babak selanjutnya dalam turnamen turnamen sepak bola terakbar di Benua Asia tersebut.

Berdasarkan data di laman resmi AFC, Indonesia berada di bawah Bahrain yang sama-sama memiliki tiga poin pertandingan.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Laga Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023: Skuad Garuda Bakal Tampil Habis-habisan

Karena itulah, posisi Indonesia belum aman, apalagi menghadapi Jepang yang merupakan favorit juara Piala Asia tahun ini.

Tapi anak asuh Shin Tae-yong, bisa melaju meskipun kalah dari Jepang bilamana syarat tiga pertandingan dari Grup A, B, dan C berakhir imbang.

Ketiga laga yang dimaksud ialah Tajikistan vs Lebanon, Suriah vs India, serta Palestina vs Hong Kong, yang dimainkan Senin dan Selasa.

Dimana ketiga kesebelasan ini, baru mengantongi satu poin, sehingga mereka bisa posisi Indonesia jika mereka mendulang kemenangan dari match day 3 pekan depan.

Karena dengan menambah 3 poin, mereka bisa memperbesar poinnya menjadi 4 dan mengalahkan skuad Garuda, yang tertahan dengan 3 poin.

Halaman:

Editor: Subair Pare

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x