Cerita Shin Tae Yong, Momen Timnas Indonesia Ditahan Imbang Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023

- 28 April 2024, 18:18 WIB
Pelatih Shin Tae-yong
Pelatih Shin Tae-yong /PSSI/

GOWAPOS - Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi dalam membawa Garuda Muda ke Olimpiade Paris 2024, terutama menjelang laga semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan yang akan berlangsung pada hari Senin, 29 April 2024.

Tim nasional Indonesia berpeluang mendapatkan tiket Olimpiade dengan menempati tiga besar di Piala Asia U-23, atau dengan memenangkan pertandingan playoff antar konfederasi melawan Guinea yang akan berlangsung di awal Mei.

Saya minta maaf karena sebenarnya saya tidak tahu mengenai partisipasi (timnas sepak bola) Indonesia di Olimpiade sebelumnya. Dan saya dengar terakhir kali bermain di Olimpiade adalah di Melbourne, 68 tahun yang lalu. Bagaimanapun, kali ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade,” kata Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan semifinal seperti dipantau dari Jakarta.

Saya tidak memiliki tekanan, saya hanya menikmati momen ini bersama para pemain. Kali ini saya akan membuat tim Indonesia melaju ke panggung Olimpiade,” tegas pria asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Mengenai lawan Indonesia di semifinal, Uzbekistan, Shin telah menyaksikan langsung pertandingan tim Asia Tengah tersebut saat mereka menang 2-0 melawan Arab Saudi pada Jumat (26/4). Shin menilai bahwa salah satu kekuatan utama dari Uzbekistan adalah transisi permainan yang cepat.

Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Sebelumnya, Shin telah memimpin timnas Indonesia U-20 dalam pertandingan melawan Uzbekistan di laga terakhir grup Piala Asia U-20 2023. Kedua tim bermain imbang 0-0, tetapi sebagai tuan rumah, Uzbekistan berhak maju ke babak gugur, sementara Indonesia tereliminasi.

Uzbekistan berhasil mencapai final dan meraih gelar juara Piala Asia U-20 untuk pertama kalinya pada tahun lalu.

Meskipun harus menerima kekalahan yang pahit dikala itu, Shin yakin bahwa ia dapat mempersiapkan timnya dengan kekuatan terbaik dan meraih hasil yang lebih baik di pertandingan berikutnya.

Halaman:

Editor: Burhan SM

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x