Mengenal Kun Bokator, Cabang Olahraga yang Hasilkan 6 Medali Pertama untuk Indonesia

- 6 Mei 2023, 07:35 WIB
Alfadila Ramadhan berhasil meraih medali perak di cabor Kun Bokator di nomor Men's Single Bokator Spirit Form
Alfadila Ramadhan berhasil meraih medali perak di cabor Kun Bokator di nomor Men's Single Bokator Spirit Form /NOC Indonesia/Lukman Nur Hakim/

GOWAPOS - Kamis, 4 Mei 2023 Tim Indonesia berhasil mendapat 5 medali perunggu dan 1 medali perak dari Cabang Olahraga Kun Bokator di ajang SEA Games 2023.

Cabang Olahraga Kun Bokator, istilah yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia sebenarnya.

Apa sih Kun Bokator sebenarnya? Kun Bokator sendiri merupakan olahraga bela diri asal Kamboja, dan pertama kali di pertandingkan di ajang SEA Games 2023, di Phnom Phen, Kamboja.

Pelatih I Kun Bokator Indonesia, Agus Nanang Sunarya mengatakan bahwa olahraga bela diri asal Kamboja tersebut sama dengan seni bela diri yang ada di Indonesia, hanya saja berbeda aturan.

Menurut Agus, perbedaan olahraga Kun Bokator dan Pencak silat terdapat pada serangan kepala.

Jika dalam Pencak Silat serangan kepala tidak diperbolehkan, sedangkan di Kun Bokator serangan atau pukulan ke Kepala diperbolehkan, legal, dan mendapat 3 poin.

Namun bagian kepala belakang dan bagian tulang ekor tidak diperbolehkan. Lalu untuk serangan badan dan bantingan juga mendapat 3 poin.

Tim Indonesia di cabor Kun Bokator merupakan pilihan atlet bela diri dari berbagai seni beladiri seperti seni bela diri campuran (MMA), Pencak Silat, Wushu, Muay Thai dan Lainnya.

Halaman:

Editor: Burhan SM

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x