Mengenal Cabor Vovinam, Seni Bela Diri Asal Vietnam Dipertandingkan di SEA Games 2023

- 6 Mei 2023, 08:47 WIB
Ilustrasi seni bela diri Vovinam
Ilustrasi seni bela diri Vovinam /Antara/A.R Loebis/

GOWAPOS - Cabang Olahraga Vovinam juga dipertandingkan kembali di ajang SEA Games 2023, Kamboja.

Sebelumnya, olahraga Vovinam baru dipertandingkan secara resmi di ajang SEA Games 2011 di Jakarta, Indonesia.

Vovinam merupakan seni bela diri asal Vietnam yang dipraktekan dengan dan tanpa senjata. Hal tersebut didasarkan pada prinsip antara keras dan lembut.

Vovinam sendiri diciptakan oleh Nguyen yang diadaptasi dari seni bela diri Kung Fu, China. Nguyen meyakini bahwa Vovinam berkontribusi untuk membebaskan Vietnam dari tawanan negara lain.

Seni bela diri Vovinam sendiri melibatkan pelatihan tubuh dan pikiran. Vovinam juga menggunakan kekuatan dan reaksi dari lawan.

Di cabor Vovinam ada beberapa teknik seni bela diri di antaranya yaitu, meninju, menendang, Kata, gulat, pedang, kapak, kipas lipat, dan lainnya.

Selain itu, teknik pertahanan diri di Vovinam mencakup pertahanan terhadap serangan tanpa senjata, contohnya seperti mencekik leher dari belakang, dan juga pertahanan dengan senjata, seperti menahan serangan pisau atau pedang yang dipergunakan.

Instruktur Vovinam melakukan pelatihan dengan tongkat panjang, tongkat pendek, pisau, pedang, sabre untuk sebagai perangkat senjata saat pelatihan, supaya mencapai kendali yang optimal dari tubuh maupun pikiran.***

Editor: Burhan SM

Sumber: Stekom


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x