Menuai Kontroversi, Kamboja Larang Timnas Bulutangkis 5 Negara Bertanding di Kategori Mix Team Event

- 8 Mei 2023, 10:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Instagram @badminton.ina

GOWAPOS - Cabang olahraga Bulutangkis di ajang SEA Games 2023, memiliki 3 nomor yang akan dipertandingkan.

3 nomor yang dipertandingkan di ajang SEA Games 2023 di antaranya yaitu, Men's Team Event, Women's Team Event, dan Mix Team Event.

Namun ternyata ada peraturan yang 'menarik' di salah nomor yaitu, Mixed Team Event. Kamboja memberlakukan aturan bahwa 5 negara tidak boleh mengikuti Bulutangkis di nomor Mixed Team Event.

5 negara tersebut di antaranya yaitu, Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Kamboja beralasan bahwa negara yang bisa ikur bertanding di Mixed Team Event, hanyalah negara-negara yang belum pernah mendapatkan medali di cabang olahraga bulutangkis.

Meskipun alasan yang diutarakan Kamboja terdengar masuk akal, supaya negara-negara ASEAN yang belum pernah dapat medali di SEA Games.

Namun tentu saja hal tersebut menuai kontroversi. Apalagi medali yang didapat dari nomor Mixed Team Event juga akan masuk ke dalam peraihan jumlah medali, dan bukan exhibition semata.

Tentu saja hal tersebut dapat merugikan negara-negara ASEAN yang memang berjaya dalam cabor bulutangkis, atas peraihan medali di ajang SEA Games 2023.

Banyak orang yang kontra dengan peraturan tersebut, menyebut bahwa itu hanya akal-akalan Kamboja supaya bisa mendapat medali di cabor Bulutangkis, supaya melejitkan peraihan medali negaranya di klasmen teratas.***

Editor: Burhan SM

Sumber: Twitter @bayuarisandee


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x