Profil dan Daftar Prestasi Vedriq Leonardo, Sosok Atlet Panjat Tebing yang Pecahkan Rekor Dunia

- 29 April 2023, 10:52 WIB
Sosok Vedriq Leonardo
Sosok Vedriq Leonardo /Antara/Aditiya Pradana Putra/

GOWAPOS - Kemarin, Vedriq Leonardo berhasil pecahkan rekor dunia dengan catat waktu di bawah 5 detik di nomor speed.

Vedriq juga keluar sebagai juara ISFC - Climbing World Cup 2023 di sektor Speed, setelah mengalahkan wakil asal China, Long Jinbao.

Vedriq Leonardo merupakan atlet panjat cepat putra asal Indonesia, yang lahir pada 1 Maret 1997. Ia juga sebelumnya pemegang rekor dunia panjat cepat putra pada tahun 2021, di ISFC - Climbing World Cup 2021 yang diselenggarakan di Kota Salt Lake, pada 28 Mei 2021, yang mencatatkan waktu 5,20 detik. Lalu digeser Kiromal Katibin pada tahun 2022, yang berhasil mencatatkan waktunya 5,00 detik.

Vedriq memulai kariernya di tahun 2014 dengan mengikuti kejuaraan nasional pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, dan bertahan sampai babak 8 besar.

Pada tahun 2016, Vedriq baru meraih medali pertamanya, yaitu perunggu di Kejuaraan Nasional yang diselenggarakan di Bangka Belitung.

ISFC - Climbing World Cup 2018 di Moscow, menjadi turnamen Internasional pertamanya. Di sana ia berhasil menempati posisi ketiga.

Berikut ini daftar raihan prestasi yang ditorehkan Vedriq Leonardo, yaitu:

1. 2018 di Asian Game, Jakarta, meraih medali emas untuk panjat cepat di tim beregu putra, bersama Muhammad Hinayah, Rindi Sufriyanto, dan Abudzar Yulianto.

2. Medali perunggu di ISFC - Climbing World Cup 2018, yang diselenggarakan di Moskow, Rusia.

Halaman:

Editor: Burhan SM

Sumber: Stekom


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x